Dunia penerbangan memiliki sangat banyak istilah yang berbeda dari penggunaan bahasa secara umum. Dan kadang-kadang, terlihat aneh sekali.
Ilustrasi (Sumber: overseaszone.tumblr.com)
Pernahkah Anda ketika tiba di pintu masuk atau saat naik pesawat mendengarkan kru berbicara bahasa lain?
Dunia penerbangan memiliki sangat banyak istilah yang berbeda dari penggunaan bahasa secara umum. Dan kadang-kadang, terlihat aneh sekali.
MailOnline Travel telah melakukan survei terhadap beberapa pilot yang berpengalaman untuk memecahkan arti kata-kata membingungkan dalam jargon penerbangan.
Whizzer
"Ini adalah istilah untuk Auxiliary Power Unit: mesin kecil yang sering tak terlihat di belakang pesawat," papar Mark Vanhoenacker dari British Airways sekaligus penulis buku Skyfaring: A Journey with a Pilot.
Mesin tersebut, yang dapat ditemukan dengan mencari lubang kecil di ujung ekor pesawat, mengatur sistem listrik dan pendingin udara ketika mesin utama tidak berjalan.
The Heavy
Istilah ini mengacu pada pilot tambahan pada penerbangan jarak jauh sehingga pilot bisa bergantian tugas mengemudikan pesawat.
"British Airways akan selalu memiliki dua pilot terbang pada satu waktu. Tetapi kadang juga tiga hingga empat pilot pada penerbangan jarak jauh, seperti ke Singapura dan Buenos Aires."
"Ketika The Heavy giliran menerbangkan pesawat, pilot lainnya mengambil istirahat."
There-and-back
"Kata-kata ini mengacu pada perjalanan yang terjadi dalam satu hari. Misalnya berangkat dari London ke Roma atau Stockholm dan kemudian kembali lagi ke London pada hari yang sama."
Menurut Mark, istilah ini selalu populer, terutama jika pilot mengejar makan malam di bandara asal. Jika perjalanan tersebut mengharuskan menginap semalam, maka disebut nightstop.
The Director
Istilah ini tidak berkaitan dengan industri film. Kata ini adalah nama yang diberikan kepada pengendali lalu lintas udara yang bertugas mengatur dan mencarikan tempat parkir bagi pesawat yang baru datang di bandara yang sibuk.
Jika penumpang mendengar kata itu sementara masih dalam penerbangan, berarti sudah hampir waktunya pesawat akan mendarat.
The Sin Bin
"Kata ini mengacu pada suatu area di taxiway dekat landasan pacu di mana pesawat biasanya diparkir untuk memberikan kesempatan kepada pesawat lain untuk keluar," kata Mark.
Sebuah pesawat biasanya akan dikirim ke area ini jika penerbangan memiliki batas waktu keberangkatan yang disebabkan oleh jadwal penerbangan yang sibuk atau karena ada cuaca buruk di tempat tujuan.
Tracks
"Ini adalah istilah umum untuk arah lintasan pesawat antara Eropa dan Amerika Utara," Mark menjelaskan.
Pesawat terbang mengikuti arah lintasan (track) yang bisa berubah kekuatan dan posisinya dalam hitungan jam, hari dan musim. Sehingga dibutuhkan track yang dioptimalkan dengan angin yang selalu diganti setiap siang dan malam.
Fixed link
Ini adalah sebuah aktivitas ketika kru, yang terbang pada beberapa penerbangan pada hari yang sama, tetap berada dalam pesawat yang sama di home base mereka.
Tapi itu tidak seburuk kedengarannya.
'Kru lebih suka memilih fixed link daripada harus berpindah dari satu pesawat ke pesawat lainnya," Mark menambahkan.
All-call
Istilah ini mengacu pada sebuah prosedur yang menjamin bahwa semua bekerja sesuai fungsinya, misalnya pintu darurat dan tangga seluncur berfungsi dengan benar.
"All-call meminta setiap laporan dari semua pramugari melalui interkom," papar Patrick Smith, pilot dan penulis Cockpit Confidential: Everything You Need to Know About Air Travel: Questions, Answers, and Reflections.
"Ini semacam panggilan konferensi untuk pramugari."
Flight level
"Sebenarnya ada definisi teknis tentang istilah ini. Pada dasarnya, ini adalah cara yang lebih keren untuk mengatakan berapa ribu kaki posisi pesawat saat ini di atas permukaan laut," kata Patrick kepada MailOnline Travel.
Untuk mengerti maksudnya, tinggal menambahkan beberapa angka nol di belakangnya. Misalnya, flight level three-three-zero yang berarti ketinggian pesawat ada di posisi 33,000 kaki.
EFC time
"Ini adalah waktu di mana pesawat berharap dibebaskan dari posisi holding (manuver pesawat untuk menunggu di area yang aman (protected airspace) sebelum diijinkan melanjutkan segmen penerbangan berikutnya)," kata Patrick.
Deadhead
Deadhead adalah kegiatan memindahkan awak pesawat dari satu tempat ke tempat lain untuk mulai bertugas. Ini sering dilakukan ketika seorang awak pesawat berada di tempat yang salah dan perlu berangkat ke tempat kerjanya (positioning).
Ramp
Hal ini mengacu pada area di bandara tempat aktivitas persiapan dan kedatangan pesawat udara. Kegiatan tersebut meliputi presiapan teknis pesawat, pengisian bahan bakar, menaikkan dan menurunkan bagasi, menaikkan makanan, suplai air, dan lain-lain.