GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

TRANSLATE THIS PAGE

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Hal ini yang Menyebabkan Manusia Terlena tentang Dunia



Yang penting bahagia, keluarganya bahagia, lupa dengan cara apa ia mendapatkannya. Lupa bahwa harta tak dibawa mati. Begitulah, jika sudah terlena oleh dunia. Naudzubillah. Padahal Allah SWT berkali mengingatkan hambanya dalam surat Al Munafiqun:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلا أَوْلادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

“Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian Maka mereka Itulah orang-orang yang merugi”. (Q.S Al Munafiqun: 9)
Kenapa Allah Subhanahu Wa Ta’ala memperingatkan para hamba-Nya agar mereka tidak terlena dengan kenikmatan dunia berupa harta dan anak keturunan?
Karna Allah Ta’ala telah menetapkan bahwa harta dan anak keturunan merupakan fitnah dan ujian bagi seorang hamba di dunia, bagaiman mereka menyikapi kenikmatan yang mereka dapatkan tersebut, apakah dengan kenikmatan tersebut mereka lalai dari ketaatan kepada Allah ataukah malah mambantu mereka dalam menjalankan ketaatan? Allah ta’ala berfirman:
إِنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلادُكُمْ فِتْنَةٌ وَاللَّهُ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ
“Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar”. (Q.S At Taghabun: 15)
Rasulallah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إن الولد مبخلة مجبنة مجهلة محزنة
“Sesungguhnya anak itu bisa menjadikan bakhil, pengecut, bodoh dan sedih”. (H.R Hakim dan At Thabrani).
Dari hadits diatas dapat disimpulkan ada 4 sifat yang datang ujian keturunan karena terlena oleh dunia:
PertamaMubkhilah. Sifat yang dapat mendorong seseorang untuk menyimpan hartanya dan enggan untuk berinfaq.
KeduaMujbinah.  Sifat yang menjadikan seseorang menjadi pengecut dalam menegakkan kebenaran dan takut akan keburukan yang menimpa dia dan anak keturunannya, sehingga dia acuh terhadap kebathilan.
KetigaMujhilah. Sifat yang menyebabkan seseorang malas untuk menuntu ilmu, disebabkan kesibukannya terhadap urusan anak-anaknya.
KeempatMukhzinah. Sifat yang menjadikan seseorang merasa bersedih dengan musibah atau kesedihan yang menimpa anak-anaknya. Hal ini disebabkan karena besarnya rasa kasih sayang dia terhadap anak-anaknya. Terkadang kesediahn ini menjadi jelek jika seseorang berlarut-larut di dalamnya.
Demikianlah Allh SWT sang maha Rahman, Maha Rahim. Maha kayalah Allah SWT. Semoga kita terlindung dari melencengnya keimanan kita karena terlenanya kita terhadap dunia. Amin. 
sumber: islampos

Categories: ,

Popular Posts

.

.
hadist, panduan, pegangan, amalan

*** Promote Your Business to Worldwide ***