Ini Lima Jalur Kereta Api Terekstrim di Dunia
Sebab, dengan menggunakan kereta api akan lebih cepat sampai ke tujuan dengan
memangkas waktu efisien ketimbang menggunakan alat transportasi darat lainnya.
memangkas waktu efisien ketimbang menggunakan alat transportasi darat lainnya.
Ya, perjalanan dengan menaiki kereta api bisa dinikmati para penumpang lantaran
tidak perlu cemas akan adanya kemacetan.
tidak perlu cemas akan adanya kemacetan.
Kendati begitu, kerap kali perjalanan menggunakan kereta api bisa tiba-tiba saja
berubah menjadi menegangkan kala rute yang dilalui cukup berbahaya dan bikin
jantung deg-degan.
berubah menjadi menegangkan kala rute yang dilalui cukup berbahaya dan bikin
jantung deg-degan.
Rute yang kerap bikin jantung berdegup kencang yakni saat kereta api melewati
jembatan tinggi, atau gunung dengan jurang yang sangat curam. Berikut lima jalur
kereta api terekstrim di dunia sebagaimana dikutip dari paling-unik.com :
jembatan tinggi, atau gunung dengan jurang yang sangat curam. Berikut lima jalur
kereta api terekstrim di dunia sebagaimana dikutip dari paling-unik.com :
1. Minami Aso Railway (Jepang)
Jalur kereta ini ini terbilang sangat ekstrim karena melewati Gunung Aso, yang
merupakan gunung berapi paling aktif di Jepang. Tak hanya itu, jalur kereta ini
juga melintasi lembah serta jurang yang dalam.
merupakan gunung berapi paling aktif di Jepang. Tak hanya itu, jalur kereta ini
juga melintasi lembah serta jurang yang dalam.
Jalur Minami Aso Railway berada di Kumamoto Perfecture, sebuah tempat
wisata alam favorit para wisatawan di musim panas atau musim semi.
wisata alam favorit para wisatawan di musim panas atau musim semi.
2. Potrerillos Railway (Chile)
Potrerillos Railway adalah jalur yang berlokasi di Pegunungan Andes. Rute
kereta ini terletak di ketinggian 2.850 meter di atas permukaan laut (mdpl).
Jalur ini menghubungkan areal pertambangan Potrerillos hingga ke Chanaral
dan pelabuhan di Barquito.
kereta ini terletak di ketinggian 2.850 meter di atas permukaan laut (mdpl).
Jalur ini menghubungkan areal pertambangan Potrerillos hingga ke Chanaral
dan pelabuhan di Barquito.
Jalur yang dibangun oleh perusahaan Andes Copper Mining tahun 1916 ini
kerap digunakan untuk mengangkut pasokan ke Potrerillos, serta mengirim
tembaga yang telah dimurnikan ke Pelabuhan Barquito. Panjang jalur kereta
api ini mencapai 155 kilometer, dengan sejumlah jalur berkelok-kelok,
melewati terowongan, dan berada di lereng gunung.
kerap digunakan untuk mengangkut pasokan ke Potrerillos, serta mengirim
tembaga yang telah dimurnikan ke Pelabuhan Barquito. Panjang jalur kereta
api ini mencapai 155 kilometer, dengan sejumlah jalur berkelok-kelok,
melewati terowongan, dan berada di lereng gunung.
3. Pilatus Railway (Swiss)
Jalur Pilatus Railway termasuk salah satu jalur kereta api terekstrim di dunia
lantaran memiliki kemiringan 48 persen, sedangkan rata-rata kemiringan rel
kereta 38 persen. Jalur kereta yang dibangun sejak tahun 1889 ini berada
pada ketinggian 2.073 mdpl.
lantaran memiliki kemiringan 48 persen, sedangkan rata-rata kemiringan rel
kereta 38 persen. Jalur kereta yang dibangun sejak tahun 1889 ini berada
pada ketinggian 2.073 mdpl.
Karena berada pada jalur yang miring, kereta tidak bisa berjalan dengan cepat.
Paling-paling hanya mampu melaju dengan kecepatan antara 9-12 km/jam.
Uniknya, kereta ini hanya beroperasi antara bulan Mei dan November di saat
rel kereta tidak tertutup oleh salju.
4. Argo Gede Railway (Indonesia)
Tidak hanya di luar negeri, Indonesia juga memiliki jalur kereta api yang
ekstrim. Jalur tersebut menghubungkan Kota Jakarta dan Bandung, Argo
Gede adalah kereta yang beroperasi di jalur ini.
ekstrim. Jalur tersebut menghubungkan Kota Jakarta dan Bandung, Argo
Gede adalah kereta yang beroperasi di jalur ini.
Rute dari lintasan kereta ini ialah melewati jembatan tinggi di atas jurang
curam. Meski demikian, bagi Anda yang melewati jalur ini akan dimanjakan
oleh pemandangan indah berupa sungai yang meliuk di bagian bawah jalur
kereta.
curam. Meski demikian, bagi Anda yang melewati jalur ini akan dimanjakan
oleh pemandangan indah berupa sungai yang meliuk di bagian bawah jalur
kereta.
5. Qinghai Railway (China)
Jalur kereta yang menghubungkan wilayah Xining, Ibu Kota Provinsi Qinghai,
China ke Lhasa, Tibet ini berada pada ketinggian 4.500 mdpl dan membentang
sejauh 1.956 kilometer.
Jalur kereta ini melewati terowongan pada wilayah tertinggi di dunia, Fenghuoshan,
di ketinggian 4.905 meter. Lintasan ini juga termasuk terowongan dataran tinggi
terpanjang. Proyek jalur kereta ini menelan dana USD3,5 miliar atau setara
Rp 35,35 triliun.
China ke Lhasa, Tibet ini berada pada ketinggian 4.500 mdpl dan membentang
sejauh 1.956 kilometer.
di ketinggian 4.905 meter. Lintasan ini juga termasuk terowongan dataran tinggi
terpanjang. Proyek jalur kereta ini menelan dana USD3,5 miliar atau setara
Rp 35,35 triliun.
SHARE !
okezone.com