GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

TRANSLATE THIS PAGE

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Asam Lambung Tinggi - Beberapa Gejala Dan Obatnya


Banyak yang memiliki kadar asam lambung tinggi dalam organ pencernaannya, namun banyak diantaranya yang tidak menyadari akan hal itu. Hal ini terjadi lantaran belum pahamnya mengenai apa saja gejala yang muncul akibat tingginya asam lambung, apalagi melakukan upaya pengobatan yang tepat.

Toh, ketika sudah mengetahui bahwa itu adalah gejala asam lambung yang tinggi, masih diperlukan juga pengetahuan yang benar tentang bagaimana pengobatan yang tepat, obat asam lambung tinggi yang benar-benar efektif menurunkan dengan cepat dan tentunya aman untuk digunakan. Artikel ini akan menjawab persoalan-persoalan itu.
Lambung termasuk organ dalam saluran pencernaan yang memiliki fungsi untuk menghancurkan makanan agar menjadi lebih kecil dan lunak sehingga dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Dalam melakukan fungsi pencernaanya tersebut lambung memiliki kandungan zat asam di dalamnya yang disebut dengan asam lambung. Akan tetapi asam lambung yang tinggi justru dapat menimbulkan masalah yang berdampak buruk pada kesehatan.

Asam lambung merupakan zat asam yang termasuk golongan asam kuat yaitu asam hidroklorat (HCl). Pada keadaan lambung yang normal terdapat mekanisme yang menjaga pengeluaran asam lambung yang berlebihan agar jumlah asam lambung tetap normal. Namun pada keadaan dimana terjadi ketidakseimbangan antara mekanisme penghambat dan mekanisme pengeluaran akan menyebabkan asam lambung tinggi, yang lama-kelamaan dapat menimbulkan penyakit maag, maag kronis, bahkan dapat menyebabkan tukak lambung.

Pahami Gejala Asam Lambung Tinggi
Seseorang yang mengalami peningkatan asam di dalam lambungnya akan merasakan beberapa hal yang merupakan gejala asam lambung tinggi. Gejala-gejala tersebut antara lain:
Merasakan tidak nyaman pada perut bagian ulu hati (antara pusar dan tulang dada), baca: Sakit Ulu hati
Perut kembung
Merasakan perut yang lebih berangin dan sering bersendawa
Rasa panas di dada (heartburn) jika asam lambung naik ke esofagus (kerongkongan).
Merasakan napas yang memendek atau napas sesak (nyesek)
Merasakan sakit kepala
Merasakan mual (rasa ingin muntah)
Sampai muntah
Penurunan nafsu makan
Cara Mengobati Asam Lambung Tinggi

Gejala asam lambung tinggi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa kondisi berikut ini, yaitu:
Stres dengan pikiran yang tegang dan tidak tenang
Kurangi stirahat dan kurang tidur
Makan tidak teratur atau telat makan
Makan makanan pedas
Minum minuman mengandung kafein
Minum Minuman beralkohol
Merokok
Infeksi Helicobacter pylori
Untuk menurunkan asam lambung tinggi dapat dilakukan tanpa menggunakan obat-obatan yaitu dengan menghilangkan penyebab yang dapat meningkatkan asam lambung atau dengan menggunakan obat-obatan.


Cara Sederhana Tanpa Obat
Ada beberapa cara sederhana tanpa obat yang dapat kita lakukan untuk mengatasi asam lambung tinggi, antara lain :
Mengurangi atau menghilangkan stres.
Mengusahakan tidur yang cukup ± 8 jam pada malam hari
Mengusahakan untuk makan teratur dengan tiga porsi makan dalam sehari
Menghindari makanan pedas
Menghindari minuman mengandung kafein (kopi, teh, cola)
Menghindari minuman beralkohol
berhenti merokok.
Obat Asam Lambung Tinggi

Beberapa jenis obat yang akan digunakan dokter untuk menurunkan asam lambung tinggi, yaitu:
Antasida: merupakan obat asam lambung tinggi yang paling banyak digunakan. Obat ini berfungsi menetralkan asam di dalam lambung. Obat dalam bentuk tablet harus dikunyah sebelum ditelan agar dapat berfungsi dengan baik.
Antagonis Reseptor H2: obat ini berfungsi mengurangi pengeluaran asam lambung dengan cara menghambat kerja histamin, karena histamin diperlukan pada pengeluaran asam lambung.
Penghambat Pompa Proton: obat ini berfungsi mengontrol pengeluaran asam lambung dengan menghambat ion (H+). Karena konsentrasi ion (H+) dalam HCl yang tinggi di dalam lambung akan menyebabkan asam lambung tinggi.
Antibiotika: diberikan pada asam lambung tinggi yang disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori, Untuk membasmi kuman dan mencapai penyembuhan menyeluruh digunakan kombinasi 2 jenis antibiotik.

Penyakit yang timbul akibat asam lambung tinggi ini sangat umum terjadi di masyarakat. Penyakit ini dapat menyerang semua orang pada segala umur. Agar asam lambung tinggi ini tidak sampai menimbulkan masalah yang berdampak buruk pada kesehatan, sangat penting bagi kita untuk dapat memahami beberapa keadaan yang merupakan gejala asam lambung tinggi beserta cara mengobatinya baik yang sederhana tanpa obat maupun dengan menggunakan obat-obatan seperti di atas.
mediskus.com



Popular Posts

.

.
hadist, panduan, pegangan, amalan

*** Promote Your Business to Worldwide ***