GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

TRANSLATE THIS PAGE

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Sedekah Bukan Hanya Pemberian dalam Bentuk Materi saja. Berikut Beberapa Amalan Sedekah Lainnya.


Islam merupakan agama yang sangat sempurna, dimana segala sendi kehidupan telah ada tuntunannya. Dan Islam adalah agama yang amat mudah, sehingga tidak pernah sekalipun mempersulit umatnya. Dan diantara kemudahan tersebut, Islam selalu memberikan ajaran yang bisa dilakukan oleh orang semua orang tanpa melihat status sosial maupun kemampuan ekonominya.


Bahkan ketika seseorang tidak memiliki sesuatu apapun untuk diberikan sebagai sedekah kepada orang lain, Islam menawarkan berbagai amalan pengganti sedekah atau amalan yang memiliki nilai sedekah.

Bersedekah sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh seorang hamba. Karena dengan bersedekah Allah berjanji untuk menambahkan kenikmatan yang telah diberikan. Oleh sebab itu penting untuk diketahui amalan-amalan yang nilainya sama dengan sedekah. Apa sajakah itu ? berikut penjelasannya.

Kejadian ini berlangsung di zaman Rasulullah SAW, dimana ketika itu datanglah sekelompok kaum muslimin yang miskin. Ketika mereka bertemu dengan Nabi, mereka mengeluhkan kegundahan hati mereka karena merasa tidak bisa banyak bersedekah sebagaimana uang dilakukan oleh para sahabat yang dikaruniai kekayaan.

Lantas mereka berkata kepada Nabi, “Ya Rasulullah, orang-orang kaya itu telah memborong pahala. Mereka mengerjakan shalat sebagaimana kami shalat, Mereka berpuasa sebagaimana kami puasa dan mereka juga bersedekah dengan kelebihan harta mereka.”

Mendengar hal itu maka Rasulullah pun menjawab, “Bukankah Allah telah menjadikan sesuatu yang dapat kalian sedekahkan ?”

Kemudian Rasulullah pun menyebutkan tujuh amalan yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan harta sepeser pun, namun diberikan pahala selayaknya orang yang bersedekah. 

“Sesungguhnya disetiap tasbih itu sedekah, disetiap takbir itu sedekah, disetiap tahmid itu sedekah dan disetiap tahlil itu sedekah, memerintakan kebaikan itu sedekah, dan mencegah kemungkaran itu sedekah serta setiap kali istrimu itu sedekah.”

Mendengar penjelasan Rasulullah yang terakhir, salah satu diantara mereka kemudian bertanya, “Ya Rasulullah, apakah salah seorang dari kami yang memenuhi kebutuhan syahwatnya mendapatkan pahala ?”

Kemudian Rasulullah menjelaskan, “ Bagaimanakah menurut kalian ? Jika ia melampiaskannya pada tempat yang haram, bukankah ia mendapatkan dosa ? Begitu pula bila ia meletakkannya di tempat yang halal, maka ia mendapatkan pahalanya.”

Ibnu Hajar al-Haitami mengomentari hadits ini dengan mengatakan bahwa hadits ini merupakan hadits yang agung karena meliputi kaidah-kaidah berharga dari agama.

Demikianlah tujuh amalan yang bernilai sedekah yang bisa dikerjakan setiap saat tanpa harus mengeluarkan harta. Semua dirangkum dengan ringkas dan agung. Sehingga kita semua dapat mengamalkannya. 

Yuk mari amalkan hadits ini dengan perbanyak membaca Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar dan Laa ilaha Illallah. Semoga Allah menerima setiap amalan yang kita lakukan di jalan-Nya.



READ MORE ...

Categories: ,

Popular Posts

.

.
hadist, panduan, pegangan, amalan

*** Promote Your Business to Worldwide ***