GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

TRANSLATE THIS PAGE

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

5 planet ini bisa dilihat dari Bumi dengan mata - Mulai 20 Januari


Untuk pertama kalinya sejak 11 tahun lalu, lima planet di tata surya bisa dilihat dengan mata telanjang. Kelima planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.
Menurut EarthSky, mulai tanggal 20 Januari, sekitar subuh, lima planet tersebut bakal berada di posisi nyaris sejajar dan bisa dilihat tanpa teleskop dari Bumi. Fenomena astronomi langka ini disebut bisa dilihat nyaris dari seluruh kawasan Bumi. Lalu, bagaimana cara untuk melihatnya?

Waktu
EarthSky mengungkapkan bila waktu terbaik untuk melihat kelima planet ini adalah 90-75 menit sebelum matahari terbit. Semakin mendekati 90 menit semakin baik.
Posisi Venus, Mars, dan Antares saat subuh 2016 EarthSky
Posisi
Langit tentu sangat luas, untuk melihat posisi kelima planet, sebaiknya Anda pertama menemukan planet Venus. Arahkan pandangan Anda ke bagian tenggara horizon dekat bulan, bila Anda melihat salah satu benda mirip bintang yang paling terang, kemungkinan besar itu adalah Venus.
Nah, dari Venus itu, arahkan pandangan sedikit ke barat daya untuk melihat Saturnus. Agar lebih mudah, posisikan tangan Anda sejajar dengan horizon Bulan dengan bagian ujung jari pada Venus.
Lima planet sejajar terlihat dari Bumi 2016 EarthSky
Dengan begitu, searah dengan tangan Anda (dengan ujung jari berada pada Venus), akan terlihat empat planet lain di sebelah kanannya, yakni Saturnus, Mars, dan Jupiter. Nah, Merkurius berada di sebelah kiri Venus pas.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat salah satu bintang paling terang, yakni Antares (bintang di jantung gugusan bintang Scorpio), dan Spica. Antares ada di dekat Saturnus, sementara Spica ada di dekat Mars.
Posisi Mars, Spica, dan Jupiter sesuai dengan arah lintasan matahari 2016 EarthSky
Perlu diketahui, meski Venus jadi penanda dan paling terang, planet Jupiter lah yang muncul paling pertama di bagian ufuk Timur. Selanjutnya disusul Mars, Saturnus, Venus, dan Merkurius.
Warna
Mengingat pengamatan hanya dilakukan dengan mata, EarthSky mengatakan sangat mungkin banyak orang salah mengidentifikasi Saturnus sebagai Antares dan Mars sebagai Spica. Agar tidak salah, ada pedoman warna yang bisa diperhatikan.
Saturnus lebih nampak dengan warna terang keemasan, sedangkan Antares lebih gelap dan merah. Mars sendiri berwarna agak merah sementara Spica berwarna biru keputihan. Mengingat Antares dan Spica termasuk bintang, keduanya terlihat berkedip-kedip, sedangkan Saturnus dan Mars tidak.
Bagi Anda yang belum bisa mengamatinya hari ini, tidak usah khawatir, karena fenomena ini akan terus berlangsung hingga tanggal 20 Februari.

SHARE !
merdeka.com

Popular Posts

.

.
hadist, panduan, pegangan, amalan

*** Promote Your Business to Worldwide ***