GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

TRANSLATE THIS PAGE

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Bebas Hutang - Berikut Beberapa Cara Menghindarinya

BEBAS HUTANG

Free Debt


Hidup tanda terlilit utang sepeser pun jadi impian semua orang. Faktanya, cukup sulit melepaskan diri dari jerat utang manakala pendapatan tak bisa menutupi kebutuhan.

Jika Anda merasa dompet sudah jebol karena tumpukan utang, sudah waktunya mulai berpikir menyelesaikan. Bila perlu resolusi hidup tanpa utang bisa diterapkan di tahun ini.

Memang hal itu tak semudah membalik telapak tangan. Namun sudah banyak bukti menunjukan konsistensi bisa mengubur semua tumpukan.

Dengan pemahaman yang makin berkembang, kini tips menghapus uang bisa Anda peroleh darimana saja. Bahkan dengan cara-cara yang terbilang sederhana.

Free Debt


Berikut adalah Beberapa tips terbebas dari hutang :

1. Kenali utang Anda
Ini tak seseram yang Anda bayangkan. Mulailah dengan mendata utang yang Anda punya. Termasuk utang-utang yang sudah berlebihan. Cari tahu berapa banyak bunga atau biaya yang Anda bayar untuk setiap utang. Cara ini akan membantu Anda memprioritaskan utang mana yang harus segera dilunasi.

2. Atur kembali pengeluaran
Jika tekad Anda menghapus utang, fokuslah pada upaya mengurangi belanja dan membayar utang lebih besar. Jika Anda termasuk orang yang doyan belanja, kenali kemana uang Anda biasa dihabiskan.

3. Susun ulang anggaran
Lihat buku tabungan dan tagiha kartu kredit lalu identifikasi apa saja yang bisa dipotong. Setelah tahu, mulailah berpikir ulang mengubah kebiasan belanja.

4. Prioritas
Beberapa utang lebih berbahaya diantara yang lainnya. Sebagai contoh, jika utang KPR Anda jarang dibayar, Anda bisa kehilangan rumah. Atau Anda telat bayar pajak, bisa-bisa berahir di penjara.

5. Hubungi Pemberi Pinjaman
Tak lagi sanggup membayar utang, kini saatnya Anda menghubungi bank. Ini bisa jadi solusi penting bagi Anda.

6. Alihkan Uang Anda
Anda bisa saja mengubah cicilan menjadi 0 persen. Namun ini bukan cara terbaik yang bisa didapatkan. Anda bisa mengubah tingkat bunga dengan mengalihkan utang ke kartu kredit dengan bunga rendah. Namun ingat, ini hanya untuk mengulur waktu dan ta menghapus utang Anda.

7. Bayar yang Berbunga Besar
Bagi sejumlah pengutang, sangat masuk akal membayat utang dengan bunga besar. Istilahnya cara ini disebut snowballing.

8. Mulai Berpikir Pakai Rencana Pengelolla Utang
Jika cara ini dianggap bikin stres, Anda mungkin membutuhkan bantuan pihak luar. Anda bisa menyewa pengelola keuangan untuk mengatur pengeluaran bulanan untuk membayar utang.

9. Mulai Siapkan Uang Darurat
Saat utang-utang Anda mulai bersih, cobalan untuk menyiapkan dana darurat. Andaikan kembali ke masa kelam dengan tumpukan utang, setidaknya Anda sudah memilii simpanan uang dan terhindar dari lubang yang sama.

dream.co.id




Categories: ,

Popular Posts

.

.
hadist, panduan, pegangan, amalan

*** Promote Your Business to Worldwide ***