GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

TRANSLATE THIS PAGE

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Masjid Terindah di Amerika Serikat


Sebuah masjid megah berdiri kokoh di pusat kota Maryland, Amerika Serikat. The Diyanet Center of America, demikian nama yang dikenal untuk menyebut masjid tersebut. Diketahui, masjid yang dibangun oleh pemerintahan Turki dengan biaya USD 100 juta ini, disebut-sebut sebagai masjid yang paling indah di Amerika Serikat.
Bagaimana tidak, lihat saja dekorasi dan desain ruangannya.
Bangunan masjid ini mengadopsi gaya bangunan klasik Turki pada abad ke 16 pada masa dinasti Otoman.
Dilengkapi dengan menara yang menjulang tinggi, marmer yang indah, halaman yang asri serta dihiasi berbagai kaligrafi yang dilapisi emas.
Kawasan masjid ini juga dilengkapi dengan tempat parkir bawah tanah, sumur geotermal, lima bangunan utama masjid, gedung pusat kebudayaan, rumah tamu, gedung untuk pertukaran pelajar maupun kegiatan pendidikan lainnya. Adapula restoran dan pusat jual beli serta dilengkapi pula dengan gedung rekreasi ala Turki dan gedung pusat kebugaran.
Selain itu, masjid ini juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya yang mendukung umat muslim maupun warga lainnya yang ingin memperdalam pengetahuan kebudayaan Turki.
Tak hanya gedung yang indah, kompleks Diyanet juga berada di lokasi yang sangat strategis. Ini berada tak jauh dari kantor pusat NASA, kampus Universitas Maryland, serta dengan gedung pemerintahan lainnya.
Adapun sebagaimana dilansir situs resminya, Diyanet America merupakan sebuah organisasi non profit yang didedikasikan untuk melayani kebutuhan dalam bidang keagamaan serta kegiatan sosial. Masjid ini diperuntukan bagi warga Turki serta muslim dari berbagai penjuru dunia yang memang bermukim di Amerika.
Adapun organisasi ini kali pertama didirikan oleh Komunitas Warga Turki di Amerika atau Turkish American Community Center Inc. (TACC) pada tahun 1993 silam, di Lanham, Maryland. Sejak saat itulah, pusat kegiatan organisasi ini dikembangkan dengan dilengkapi berbagai fasilitas lainnya. Lantaran selain sebagai tempat ibadah, ini juga menjadi pusat kebudayaan bagi warga Turki serta untuk warga lainnya yang ingin belajar mengenai kebudayaan Turki.
Pengembangan yang dilakukan ternyata tidak main-main. TACC bahkan mengeluarkan biaya hingga USD 110 Juta, untuk membangun pusat kebudayaan, pusat keagamaan, serta kampus. Dengan biaya sebesar itu, maka jadilah kompleks Diyanet ini seperti halnya perkampungan kecil di tengah Amerika. Serta menjadi bangunan bergaya Turki yang paling menawan di Amerika Serikat.
"Misi Diyanet yakni untuk mempromosikan serta memberikan pemahaman tentang Islam di Turki dan juga Islam di dunia pada umumnya," demikian keterangan yang dimuat di website Diyanet.(*)
tribunnews.com
Categories: ,

Popular Posts

.

.
hadist, panduan, pegangan, amalan

*** Promote Your Business to Worldwide ***