GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

TRANSLATE THIS PAGE

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

ORGAN THT MU BERMASALAH FATAL JIKA SERING MELAKUKAN KEBIASAAN 2X BURUK INI





Telinga, Hidung, Tenggorokan atau seringkali disingkat dengan sebutan THT yaitu organ yang penting pada tubuh. Apabila salah satunya mengalami permasalahan, jadi organ lain akan ikut terganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari. Namun masih tetap banyak orang yang belum tahu bagaimanakah caranya membuat perlindungan kesehatan ketiga organ ini.



Jadi kadang-kadang, orang-orang melakukan rutinitas yang dapat membahayakan organ THT. Sebagian rutinitas itu semestinya kurangi atau bahkan menghilangkan untuk melindungi kesehatan THT. Jika terus dilakukan, jadi akan memberi efek buruk yang membahayakan tubuh. Lantas, kebiasaan buruk yang bagaimanakah yang membahayakan organ THT? Berikut rangkumannya.



1. Mengupil



Kebiasaan pertama yang perlu anda kurangi atau bahkan dihilangkan yakni mengupil. Memang pada dasarnya dengan mengupil akan membuat hidung kita jadi bersih. Namun sesungguhnya, upil yang ada di hidung itu adalahfungsi penyaringan udara oleh mukosa hidung, atau lendir berlebihan yang kemudian jadi kering.



Namun, sebenarnya tubuh mempunyai kekuatan untuk mengeluarkan kotoran, seperti keringat, daki, BAB dan kotoran yang datang dari hidung ataupun telinga. Akan tetapi, mengupil dapat dilakukan sesekali yakni waktu ada kotoran yang tersaring di bulu hidung. Tetapi ada yang perlu diingat, anda harus waspada waktu mengupil.



Usahakan untuk bersihkan tangan terlebih dulu, karena apabila tangan dan kuku kita kotor jadi akan membuat trauma pada hidung. Selain bisa menyebabkan mimisan, dan bisul pada hidung langkah mengupil yang salah bakal menyebabkan infeksi berat yang berbuntut kematian. Tidak hanya itu saja, kebiasaan mengupil ini bisa dapat menyebabkan kita diserang tumor jinak pada hidung yang membuat kita harus melakukan operasi.



2. Memasukkan Benda Asing



Kebiasaan selanjutnya yang perlu diwaspadai yakni memasukkan benda asing ke organ THT. Hal ini biasanya sering berlangsung di kalangan anak-anak, itulah yang buat kita mesti memerhatikan apapun yang dipegang oleh anak agar tidak dimasukkan ke hidung ataupun telinga. Benda asing yang sering ditemukan pada anak-anak salah satunya kacang, busa sofa, peluru pistol-pistolan.



Memang biasanya kemasukan benda asing ke hidung maupun telingan adalah satu kecelakaan. Namun ada juga anak yang mengerjakannya secara sengaja, untuk itulah sangat diperlukan pengawasan dari orang-tua. Memasukkan benda asing ke organ THT sudah pasti akan sangat beresiko, karena untuk mengeluarkannya perlu dilakukan pencongkelan atau bahkan operasi yang dapat mengganggu fungsi organ tersebut .



3. Merokok di Dekat Anak



Banyak orang yang mungkin sudah mengetahui bahwa rokok itu mempunyai banyak bahaya terutama pada asapnya. Tetapi, masih tetap saja banyak yang merokok ditempat umum seperti di bus, halte, pasar dan lain sebagainya. Asap rokok yang dihirup itu dapat mengakibatkan bermacam penyakit pada telinga, hidung serta tenggorokan. Hirup asap rokok akan bikin partikel dalam asap rokok dan zat-zat yang ada di dalamnya akan buat permasalahan pada rambut halus di mukosa hidung serta masalah produksi lendir.



Itulah yang pada akhirnya akan mengakibatkan pilek, nyeri teling, radang tenggorok, demam dan lain sebagainya. Bahkan apabila kebiasaan ini senantiasa berlanjut maka akan mengakibatkan masalah permanen pada hidung kita.



4. Meneteskan Cairan Minyak atau Ramuan Tradisional



Banyak orang yang berasumsi bila kotoran dalam telinga atau hidung susah keluar jadi harus ditetesi minyak cairan atau sejenisnya. Namun, tahukah anda sebenarnya kebiasaan sejenis ini akan mengakibatkan rusaknya fungsi silia dan mukosa pada hidung. Ditambah lagi apabila soluen ataupun kandungan zat aktif yg tidak sesuai alangkah lebih baik tidak dipakai. Jangan sukai meneteskan cairan sembarangan, manfaatkanlah product yang memang diijinkan untuk organ THT agar fungsinya tidak terganggu dikemudian hari.



Itulah empat kebiasaan yang ternyata dapat membahayakan kesehatan organ THT kita. Bila ada sering lakukan satu di antara aktivitas di atas, berusahalah untuk kuranginya agar kesehatan organ THT anda selalu terjaga.
belajarhidupsehatnews.blogspot.co.id


Categories:

Popular Posts

.

.
hadist, panduan, pegangan, amalan

*** Promote Your Business to Worldwide ***