GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

GUIDE TO ISLAM Qur'an Hadith

TRANSLATE THIS PAGE

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

WhatsApp menyembunyikan Beberapa Fitur Berikut ini - Wajib Anda Ketahui

Mulai dari menghilangkan Last Seen, hingga "membungkam" perbincangan grup yang mengganggu.

Fitur Tersembunyi WhatsApp

Mute
WhatsApp menambahkan fitur Mute yang dapat digunakan untuk perbincangan grup maupun personal. Fitur ini tersedia di perangkat berbasis Android dan iOS.
Fitur mute ini gunanya untuk mematikan sementara notifikasi pesan masuk, baik pesan di grup maupun personal. Fitur ini berguna sekali jika Anda sedang tidak ingin aktif berdiskusi di grup, namun pesan-pesan yang masuk terus mengalir sehingga cukup mengganggu. Cukup aktifkan fitur mute pada grup yang Anda inginkan.
Caranya, klik nama grup, lalu di bagian bawah nama grup akan ada opsi 'mute'. Aktifkan tombol mute, setelahnya akan muncul pilihan waktu untuk membuat grup 'diam' mulai dari durasi 8 jam, 1 pekan, atau hingga 1 tahun.

Last Seen
Jika kita mengakses halaman chat seseorang, maka akan terlihat 'Last seen' dibawah nama orang tersebut. Kita bisa mengetahui kapan terakhir kali orang tersebut membuka WhatsApp. Begitupun sebaliknya, orang lain bisa melihat kapan terakhir kali Anda mengakses WhatsApp.
Jika Anda tidak ingin orang lain mengetahui kapan terakhir kali Anda membuka WhatsApp, maka Anda bisa menyembukan waktu 'Last seen'. Caranya pilih Setting > Account > Privacy > Last Seen.
Dari sana Anda bisa memilih siapa saja contact yang bisa melihat 'Last seen', apakah semua orang atau orang-orang yang terdapat di kontak, atau tak seorang pun. Namun, dampaknya jika fitur ini diaktifkan Anda pun tidak bisa melihat 'Last seen' orang lain.

Mengganti nomor telepon
Verifikasi akun WhatsApp seseorang berlaku berdasarkan nomor telepon yang digunakan. Sebenarnya, nomor telepon yang didaftarkan di WhatsApp pada gadget Anda tidaklah harus nomor yang dipakai di gadget tersebut. Anda diperbolehkan memakai nomor telepon di gadget lain asalkan bisa menerima SMS untuk melakukan verifikasi.
Salah satu fitur WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah nomor teleponnya. Nomor telepon yang baru harus bisa menerima SMS untuk memasukkan kode verifikasi. Apabila pengguna telah mengganti nomornya, maka semua info akun, grup, dan pengaturan juga akan ikut pindah. Jadi Anda tetap berada di grup namun menggunakan nomor baru.

Membaca pesan group
Ada kalanya setelah mengirimkan pesan di grup, kita ingin tahu siapa saja angota grup yang sudah membaca pesan tersebut. WhatsApp menyediakan fitur untuk mengetahui siapa saja anggota grup yang sudah membaca pesan.
Untuk pengguna iOS (iPhone atau iPad), cara mengetahui orang-orang yang telah membaca pesan Anda adalah dengan mengakses pilih pesan Anda di grup, kemudian geser ke kiri, maka akan muncul nama-nama anggota grup yang telah membaca pesan Anda.
Untuk pengguna Android, caranya pilih pesan yang Anda posting, lalu akan muncul logo 'i' atau 'Message Info' yang dapat memberitahukan detail nama-nama peserta grup yang telah membaca pesan Anda. Fitur ini bisa digunakan apabila Anda telah mengaktifkan 'Read Receipts' yang ada di menu Settings.
Fitur 'Read Receipts' bisa diaktifkan dengan cara masuk ke Settings > Account > Privacy, disana akan ada opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut.

Menonaktifkan 2 centang biru
Banyak orang senang dengan fitur terbaru ini, tapi tak sedikit pula pengguna yang merasa risih. Untuk memangkas centang biru di WhatsApp, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.
Cara pertama, pilih menu Settings > Account > Privacy kemudian hilangkan ceklis/centang pada bagian Read receipts. Konsekuensinya, Anda juga tidak bisa tahu apakah orang lain sudah membaca pesan yang Anda kirimkan atau belum, dan fitur ini hanya dapat berlaku pada chat antar personal, sedangkan untuk perbincangan grup maka tanda dua centang biru masih terlihat.
Cara kedua, ketika Anda menerima pesan, jangan langsung membuka aplikasi WhatsApp. Cukup mengintip bar pemberitahuan dan Anda akan dapat membaca pesan secara langsung.
Cara ketiga, memposisikan smartphone Anda pada modus `Airplane` dan kemudian memeriksa pesan. Dengan cara ini WhatsApp tidak akan mengirim konfirmasi dua centang biru ke pengirim.

SHARE !
money.id
Categories:

Popular Posts

.

.
hadist, panduan, pegangan, amalan

*** Promote Your Business to Worldwide ***